Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

Kisah kilat doktor Tatang Sopian

Kilas Kilat Kisah Dadar Seorang Tatang Sopian

 

Suasana hening mulai mencekam ruangan ujian terbuka tertutup ala Fakultas Pertanian TUAT saat 19 January 2009 jam empat tiga puluh sore itu. Cuaca cerah, tetapi ketegangan terlihat semburat merah dari seorang Tatang Sopian, yang kala itu menggunakan setelan jas warna gelap dan dasi yang serasa mencekik leher saking tegangnya.

 

“Kok lama sekali si Hongaria jin ya? nggak keluar-keluar sensei tachinya…” ungkapan cemas dari seorang Tatang Sopian saat waktu ujiannya bergeser, karena para sensei belum juga keluar dari peraduan ruangan bedah dadar doktor tersebut.

 

Akhirnya, detik-detik itupun datang. Dengan para dayang-dayangnya, yaitu Uni Dedes, Uni Pipit Shubuh, Diajeng Lastribal, Diajeng Novemberani, Mbakyu Nuri Cucuit dan tentu saja Mbakyu Geudebleh. Maka tak lama kemudian ujian dadar doktor itu berlangsung. Jumlah yang hadir termasuk pembicara dan lima dosen penguji tersebut adalah dua puluh sembilan orang.

Ujian berlangsung lancar, dengan style super tenang dan penuh percaya diri, seorang Tatang Sopian telah mengakhiri masa studi tepat tiga tahunnya di TUAT dengan presentasi sore itu.

Ujian diwarnai oleh beberapa pertanyaan saja, lalu dilanjutkan sidang tertutup para dosen Jepun itu.

 

“Omedetou gozaimasu” serentak para dayang menyalami jarak jauh pada seorang Tatang Sopian sore itu.

Lalu tiba-tiba datanglah seorang Kang Saepul yang mendadak menjadi seorang penyamun di sarang enam perawan (per-empuan a-tau wan-ita).

Lalu saat para dayang berfoto dengan Doktor anyar tahun 2009 dari Indonesia yang pertama pada tahun anyar tersebut, tak lupa Kang Saepul tersenyum-senyum memperlihatkan senyum peletnya, sambil mengatakan dengan enteng.

 

“Ente padah, pendamping Kang Tatang semuah yah?” weleh-weleh….penghinaan sih sebenarnya. Tetapi karena yang berbicara seorang Kang Saepul, maka semua para dayang tersebut hanya nyengir kuda.

 

Hal mengejutkan lagi. Dering telepon memecah konsentrasi Mbakyu Geudebleh. Rupanya datang dari Mas Amung Sakti Mandraguna.

 

“Selamat ya Kang… Doktor….”  padahal sebenarnya handphone itu belum dialihkan Mbakyu Geudebleh pada Kang Tatang Sopian yang mendadak ngetop sore itu dan sibuk menerima ucapan selamat dari dua puluh sembilan orang yang hadir.

 

“Mestinya suamiku mengatakan, Selamat ya Mbak Doktor….salah address nih yee…” gumam Mbakyu Geudebleh sambil ikutan senewen melihat ujian dadar doktor itu.

 

Melihat gaya tenangnya seorang Tatang Sopian, keliatannya patut dicontoh agar dalam ujian bersikap tenang juga seperti beliau.

Pede abis gitu lho.

 

“Teh Enung, lihatlah, suamimu tercinta ini dikawal para enam dayang, dan satu Bulok sesaat, …” gumam Mbakyu Geudebleh renyah.

 

Aksi ujian telah berakhir, lalu dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ulet peruletan sahabat Mbakyu Nuri Cucuit. Dan sang jago karate Diajeng Novemberani itu, ternyata KO abis di hadapan seekor ulet sekecil kelinking. cek…cek…cek…

 

Aksi peninjauan ulet telah selesai oleh istilahnya Kang Saepul pada kami sebagai para dayang.

Lalu lanjut acara syukuran seorang Tatang Sopian di Madokasou sanggo.

 

“Eh mau pada kamana euy geulis?” tanya Kang Saepul mulai nyengir-nyengir laper kali dari Koganei.

Kamipun melanjutkan langkah ke Madokasou sanggo, lalu berjumpa dengan Mas Amung Sakti mandraguna, Kang Dwi Megane, dan Kang Danidewa, dan memulai party tatang sopian tanpa kehadiran yang bersangkutan.

 

“Cek..cek…cek… partynya eraaa…yang ujian mana, yang party di mana dan siapa?”  komen sahabat dayang enam tersebut.

Tetap saja, nasi kuning dadakan, ayam goreng dadakan, sayur rasa aneh dadakan tersaji.

Alhamdulillah. Sambil makan sambil berulang kali kami mengucapkan.

 

“Selamat ya Doktor Tatang Sopian”
 

 

TOKYO 19 Januari 2009

Memorandum of memorium

BAINAH SARI DEWI

Teriring doa buat Mas Lesa, Uda Zetto, Mas Teguh Dartanto. Suksesssss yaw ujiannya.

Diajeng Novemberani, Kang Dwi Megane, Kang Danidewa, sukses test masuk nyah.

September 15, 2009 - Posted by | Mbakyu Geudebleh

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: