Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

Informasi Living Cost Fuchu Tokyo Jepang

Informasi Living Cost di Fuchu Tokyo

 

 

 

Please, mhn informasi lagi  tentang living cost difuchu lagi ya mbak, saya masih belum terbayang (maaf ya M, saya agak tulalit)

 

Living cost/month:

sewa rumah (kisarannya): 50.000 yen utk keluarga, ada kok. seperti tempat saya.
mkan: bertiga bisa 10 sampai 20 ribu sebulan. Kalo hemat sekali bisa 10ribu sebulan.

listrik dsj : tergantung pemakaian. Kalo saya, listrik sebulannya 6ribuan, air per dua bulanan 4ribu yen, gas sebulannya 6ribu yen. Ini untuk keluarga dg anak satu, suami dan istri. BIla single, biasanya bisa setengahnya dari yang saya sebutkan di atas.

 

biya lain : ? transport jalan-jalan. Sekali keluar biasanya kalo bertiga bisa 5 sampai 10 ribu yen.

Total : …….?

 

Kabarnya  dana cair sekitar bulan  Juli jadi saya berangkat sekitar bulan itu.  Dan infonya beasiswa kami per bulan dari dikti sekitar 160.000 yen.

Rencanaya nantinya saya akan bawa suami dan 1 anak saya (5 thn sekarang umurnya).  Jadi kira2 gimana bu, untuk di Fuchu memadai tidak ya bu untuk saya, untuk bawa keluarga? Info terakhir harga sewa rumah di Tokyo “mengkhawatirkan”.

Apato/apartemen saya seharga 48.000 yen sebulan. Tapi saat masuk pertama wajib membayar empat kali dari harga tersebut. Itu memang sudah aturannya di jepun. 

 

Jadi berat pertamanya saja.

 

 

Mohon informasi aktualy ya Mbak: 

– living cost di Fuchu

Untuk makan saja 30.000 dengan gaya hemat bisa cukup untuk suami istri anak seperti kasus saya.

 

– asrama mahasiswa international, masih ada tempat buat saya?

Tolong tanyakan ke Sensei pembimbing soal hal ini. Biasanya beliau yang pesankan room di international house seperti saya dahulu. Kalo beliau tidak pesan, maka tidak ada peluang di undi nama Mbak. Tapi kalo pesan, nama Mbak akan masuk undian. bersiap saja, kondisi terjelak, mbak menyewa apato ya. Itu lebih siap mental dari pada berharap int hou. tapi tidak dapat. bila sensei berhasil dapt int hou buat mbak, alhamdulillah itu rejeki namanya.

 

– informasi tentang sekolah anak, harus masuk sekolah jepang? or apakah tidak ada sekolah internationalnya?biayay?

 

TK? atau SD. Kasus SD seperti anak saya 8 tahun, SD gratis di Jepang. TK saya kurang tahu. Penitipan anak, bayar 2000 yen per bulan.Ini yang negeri. penitipan anak yang swasta 55.000 yen per bulan.

 

– ada peluang pekerjaan untuk suami? kalau tersedia kira2 dimana saja?

 

Ada. di restoran Indonesia bagian penerima tamu, bagian cuci piring. di Kartu telepon international Access Pluss bagian Ina, kartu telepon Gogo card bag. Ina. restoran India, kantor post dll. Kalo di cari, insya allah dapat deh. Jangan kuatir.

 

–  bagaimana cerita ujian masuk di Graduate School Agriculture? Benar kita harus ke Jepang dulu sekitar bulan Juli untuk ikut ujian meski start sekolahnya Oktober? Tidak bisakah ujian di Indonesia?

 

Ujian wajib datang ke jepang. setahu saya tidak bisa ujian di Ina.

 

 

  Tokyo 12 Dec 2008

 

waalaikum salam wr wb

September 15, 2009 - Posted by | Mbakyu Geudebleh

No comments yet.

Leave a Reply

