Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

December : Hikmah di balik sebuah buku Haji Bainah Sari Dewi


Hikmah di balik sebuah buku haji Bainah Sari Dewi
 
Point pentingnya buku pertama karya saya tentang haji ini, telah diniatkan seratus persen. Niat itu begini. Uang modal dan uang keuntungannya untuk Andika Bayu Pratama, ponakan kandung saya yang Papa dan Mamanya juga tiga adiknya telah berpulang saat Tsunami Aceh 2004 lalu.
 
Niat itu saya hujamkan dalam-dalam dan dibantu suami mewujudkannya. Berbuah hasil, buku itu dibeli dengan harga yang beragam. Modal buku haji tersebut per satu buku adalah lima belas ribu rupiah, dan stok-nya sebanyak lima ratus eksemplar buku.
Buku tersebut di jual di Gramedia Lampung dan Fajar Agung Lampung, toko buku besar di Lampung dengan harga dua puluh lima ribu rupiah.
Saat saya menjualnya dari mulut ke mulut, dari pintu ke pintu, dari milist ke milist. Semua saya utarakan bahwa semua uang ditujukan pada ponakan saya tersebut.
 
Harga buku jadi beragam buat tiap orang yang membeli.
Ada rekan dari Papua membeli lima buku haji saya dengan uang sebesar empat ratus lima puluh ribu. Semoga Allah melipat gandakan rizkinya, karena melimpahkan uangnya buat seorang anak yatim piatu lewat buku haji saya.
Ada yang membayar satu buku seharga lima puluh ribu rupiah dari Bandung, empat puluh ribu rupiah dari Yogyakarta, ada yang membeli dengan harga seratus ribu rupiah, salah seorang pejabat di Departemen Kehutanan Jakarta.
Semoga barokah ya Pak, rizkinya.
Ada yang gratis tidak membeli.
 
Harga buku tersebut juga jadi beragam di Jepang. Saya pernah melabelkan seharga seribu dua ratus yen, dan terbeli enam buah saat pameran Fahima dua tahun lalu. Ada yang membeli seharga dua ribu lima ratus yen dari Yokohama dan beliau membeli dua buah, dua ribu yen dari Fuchu Tokyo, dua ribu yen dari Utsunomiya-Bandung, seribu lima ratus yen dari Koganei Tokyo, seribu dua ratus yen dari Hachioji, seribu yen dari Kyushu Island, puluhan buku dari ibu-ibu SRIT, KBRI Tokyo, lima ratus yen dari Yamanashi Ken, juga ibu-ibu pengajian Fuchu. Ada juga yang gratis tidak membeli.
Ada satu orang yang membeli satu buku saya dengan harga tiga ribu yen dari Kanazawa, Subhanallah, semoga Allah memulyakan semua pembeli buku haji saya ini, tanpa terkecuali. Dan memulyakan niat mereka saat mengetahui bahwa buku yang saya tulis hanyalah media mereka buat beramal.
Buku itu pernah di beli oleh Atase Kehutanan Jepang  dua tahun lalu sebanyak sepuluh buku dengan sekaligus bayar, sepuluh ribu yen. Wah pokoknya terharu dan bahagia. Afwan bila tidak semua para pembeli tersentil namanya di catatan singkat ini.
 
Jadi, niatan saya membantu Andika Bayu Pratama benar-benar dilakukan lewat penjualan buku haji tersebut. Uangnya tentu saja dikirim pada Andika Bayu Pratama puluhan kali, karena datangnya rejeki dari rekan, sahabat, saudara, semua berbeda-beda waktunya.
 
Buku itu juga ada yang macet di beberapa tempat, berjanji akan membeli banyak, tetapi tak kunjung datang kabarnya. Buku sudah dikirim. Tetapi saya ikhlas karena niat awalnya sudah bulat. Mau nyangkut dimanapun buku haji tersebut, mau dibeli berapapun oleh rekan, sahabat saudara semua, saya hanya punya satu niat, uangnya buat Andika Bayu Pratama.
 
Tidak tahu konkrit apa yang Andika Bayu Pratama terima dari uang yang terkirim dari saya via saudara, atau via teman dari Jepang.
Tetapi Andika Bayu Pratama pernah menginjakkan kakinya di bumi Allah Jepang ini selama dua minggu. Insya allah itu berkat hasil jerih payah para pembeli buku haji tersebut, dengan harga yang tak terbatas dan tak terhingga oleh hitungan, kelipatan kebaikan, lipatan ganjaran dari Allah SWT.
 
Jazakumullah khoir atas semua pembeli buku haji Bainah Sari Dewi. Masih ada beberapa stoknya pada saya, dari kiriman-kiriman yang “macet”.
 
Saya ingin menutupnya dengan satu doa, semoga Andika Bayu Pratama, dibimbing Allah SWT agar bisa mengambil master di Jepang. Impian yang masih nol reaksi, tetapi saya berharap pengalaman dua minggunya di Jepang, bisa memperkaya khasanah berpikir Andika Bayu Pratama, menguatkan hatinya agar kokoh, kuat, tegar, dengan kondisi keluarga yang habis terkikis oleh Tsunami Aceh tersebut.
 
Tak ada yang bisa memilih, keluarga kita akan seperti apa nantinya, akan bagaimana nantinya. Dan Allah SWT telah memilih Andika Bayu Pratama dari keluarga kecil kami, keluarga Baharuddin. Untuk menjadikannya sebagai tongkat pengangkat nama keluarganya. Semoga Allah SWT selalu membimbing langkah Andika Bayu Pratama dan juga seluruh keponakan saya, dan para pemilik motivasi berpikir positif, untuk maju dan berprestasi.
 
Cinta Tante Dewi dan Om Soni, tidak bisa Bayu lihat hanya dengan penjualan dan hasil penjualan buku haji Tante. Tetapi mencari media untuk membantumu menjadi penting buat Tante dan Om.
Tante sudah meniatkan media menulis Tante, sebagai bagian perjalanan langkah Andika Bayu Pratama ke masa depan.
Tetap kuat, tetap kokoh, tetap tegar buat Andika Bayu Pratama. Doa kami untuk suksesnya seorang anak bangsa seperti-mu, dan ribuan bahkan jutaan anak bangsa korban Tsunami Aceh. Jadilah kebanggaan Mama dan Papamu, juga jadilah kebanggaan bangsa Indonesia. Teguh, kukuh berlapis baja-lah hatimu untuk survive.
 
Kepada para penulis buku, jangan pernah risau buku yang ananda tulis laku terjual atau tidak terjual. Jangan terlalu risau apakah akan ada kontra atas jerih payah menulis yang ananda lakukan. Jadikan niatan suci terus dijunjung tinggi di hati. Jangan risau atas pengembalian jumlah uang dari modal dan hasil keuntungan dari sebuah buku yang ananda tulis. Hikmah di balik semua orang yang membaca tulisan itu, lalu bangkit motivasinya, tergerak hatinya untuk berbuat hal yang positif itu sudah bagian pahala tak ternilai yang ananda tidak ketahui.
 
Kepada para pembeli buku haji Bainah Sari Dewi, jazakumullah khoiron katshiron. Semoga Allah SWT membalas dengan limpahan rahmad, barokah dan rizki-Nya. Amin allahumma amin.
 
TOKYO
25 Desember 2008

 

 

January 3, 2009 - Posted by | Mbakyu Geudebleh

1 Comment »

  1. Assalamu alaikum ww, saudaraku

    Comment by Anwar Ashari | March 30, 2009 | Reply


Leave a Reply

