Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

Journal Internationalku Accepted

“Journal Internationalku Accepted”
 
Ini adalah hari ke tiga penantian hasil dari draft jurnal internationalku. Tadi shubuh, sudah kutumpahkan semua airmataku di pundak kekasih tercintaku, setelah sholat shubuh berjamaah.
” Sayang… mohon doanya, hari ini kemungkinan penentuan OK tidaknya  jurnal internationalku…” hening, lalu mengalir deras air mataku. Sudah lelah rasanya hati ini menanti terutama hari ini. Sejak shubuh daku sudah nggak konsent lagi nulis disertasi. Ada firasat pengumumannya akan datang hari ini.
Semalam ujung sajadahku bagian belakang berlipat segitiga tanpa daku suruh atau aku mau. Hal ini sering terjadi pada saat daku menunggu-nunggu berita penting. Dan sudah beberapa kali kejadian, saat setelah salam, lalu ujung sajadahku itu berlipat ke dalam, daku senantiasa mendapatkan usahaku atau cita-citaku ada “masalah”.
 
Memang tidak pernah daku ceritakan pada siapapun masalah firasat yang “rada aneh” setiap kali aku selesai sholat.
” Ah, sudah lah, belum beruntung saja daku, namanya juga orang bego sekolah di Jepun, ya gini ini nih, nasibnya. Kepontal-pontal (terseok-seok) hanya untuk mendapatkan syarat minimal lulus, publikasi international syaratnya fardu ain alias wajib, tanpa itu, maka mahasiswi-mahasiswa doktor di Tokyo University of Agriculture and Technology dinyatakan wajib tidak lulus”.
 
“Sayang…, daku mau kirim print out draft jurnalku ke editor, mohon doanya ya…” kalimat itu kunyatakan tanggal 6 Februari 2008.
 
” Sayang, draft jurnalku yang kata editor catatan major revisi/perbaikan gede-gedean ini mau aku kirim lagi pada mereka, doanya ya… hiks…”  hal ini kunyatakan pada kekasihku tanggal  7 May 2008.
 
” Sayang, ada balasan dari Reviewer (penilai) dari editor jurnalku, katanya masih butuh perbaikan di sana-sini, ini berkasnya filenya…” werrr….. air mata sedih, air mata lelah membuncah.
 
” Kekasihku sayang,… daku mau re submite lagi perbaikan jurnalku, mohon doanya, Fira chan, tolong doakan mama ya..” pintaku sudah dengan memelas pada tanggal 17 May 2008 dan sudah mulai jenuh mendengar kata ” Reviewer “, kata “Editor”. Nelongso banget hatiku ini Ya Allah…
 
” Kata editornya, komunikasi yang sangat singkat dan cepat dari Reviewer ini, adalah hal irregular yang terjadi, selama sang Editor ini memangku jabatannya sebagai Editor, beliau terheran-heran, karena respon para Reviewer itu bisa sangat cepat sekali” kataku menceritakan hal yang terjadi dari email sang Editor menyatakan keanehannya.
 
Dalam hati, aku menjawab sendiri, ini mesti berkat doa Fira chan setiap selesai sholatnya langsung berdoa. Juga doa kekasihku yang setiap selesai sholat selalu mendoakanku. Juga doa semua orang tua , sahabat, dan bantuan edit dan translate para sahabatku. Alhamdulillah…
 
” Ya Allah, semoga jurnal mama dan papa, sensei-tachinya OK Ya Allah. Semoga mama, papa bisa lulus ya Allah. Semoga mama, papa, ade, bisa pulang bersama ke Indonesia Ya Allah… Semoga Mbak Leha lulus sekolah SMU nya Ya Allah. Semoga mama, papa, Ade, Mbak Leha, bisa berangkat ke Mekkah bersama-sama Ya Allah”.
 
“Ya Allah, ade minta rumah tingkat hyakkai (100)  Ya Allah. Rumah ade nanti ada ereebeta nya Ya Allah, ada esukareetaa nya, trus Puu-ru mo atte (ada kolam renangnya)Ya Allah, sore de minna no nihon no tomodachi Indonesia ni asobitai Ya Allah… (lalu, semua teman Jepangku bisa main ke rumahku).
Ade mau jadi Isha (dokter) Ya Allah. Dobutsu no isha (Dokter Hewan), to Akachan no Isha Ya Allah (Dokter Anak maksud nya), Okasan tachi no Isha desu. Ano…
Ya Allah, moga-moga Ngaji dan Bahasa Jepang Ade pinter Ya Allah”.
 
“Ya Allah, semoga menjo (permohonan keringanan SPP) papa OK Ya Allah…
Eyang Kakung tangan sama kakinya cepet genki Ya Allah…
Ano… Ya Allah, Ade minta mesin nandakke, gurrut gurrut itu di kaki Ade, Ya Allah (mesin apa itu, yang bisa gurut-gurut di bagian kakinya, = mesin jahit). Supaya Ade, bisa buat sarung bantal Ade Ya Allah…Ano… bisa buat akachan no fuku Ya Allah (baju buat mainan anak-anakannya)…”
 
“Sore dake Ya Allah… Aaamiiinnnn (Itu saja Ya Allah… Amin)” kata Fira chan mengakhiri rangkaian doa setelah sholat nya.
 
Itulah doa Ade, dan sore hari ini tanggal 28 Mei 2008 jam 5.42, aku mendapati email di yahooku. Ini bagian pengabulan dari doa Fira chan yang setia mendoakan.
 
Dear Ms Dewi,

Please find attached the letter of acceptance (a pdf file) for
publication Biosphere Conservation・of your submitted paper
entitled
‘Effects of the Asiatic Black Bears Digestion on Seed Germination of
Fleshy-Fruited Prunus grayana (Rosaceae)’.

Congratulations!
Please confirm if this format of letter is OK with you.

Warmest regards,

Satoshi Kobayashi
i/c of Biosphere Conservation・Wildlife Conservation Society

 
“Alhamdulilah… sujud syukur langsung aku lakukan. Ya Allah… akhirnya Jurnal International pertama ku di Accepted (di terima). Syukurku pada Mu Ya Allah”
 
 
TOKYO 28 May 2008 5.42 PM
 
Special terima kasih : Fira Chan, Papa, DF, X, AD. (Semoga Allah membalas dengan segala kemudahannya pada ananda semua yang sangat baik membantu dari awal sampai akhir perjalanan jurnal ini menembus kata ” Accepted” Terimakasih untuk semua cinta dan semua doa yang telah dipanjatkan sampai akhirnya jurnal ini di terima oleh editor.
Ah,… akhirnya si orang bego bisa juga jurnalnya accepted.
Giri-giri made gambarimasu.

June 17, 2008 - Posted by | Catatan Harian |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: