Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

Hukuman Mati di Jepang /Lampost 10 April 2008

Hukum: Kebut Eksekusi, Jepang Gantung Empat Pembunuh

TOKYO (Lampost): Pemerintah Jepang mempercepat eksekusi terpidana mati di negeri Sakura itu. Empat terdakwa pembunuh dihukum mati sekaligus, Kamis (10-4). Ini merupakan eksekusi gelombang kedua tahun ini.

Hukuman ini sejalan dengan kebijakan Menteri Kehakiman Jepang Kunio Hatoyama untuk mempercepat pelaksanaan hukuman gantung bagi para terpidana yang telah divonis mati.

Jumlah terpidana mati yang belum dieksekusi membengkak hingga 100 orang karena Menteri Kehakiman sebelumnya menolak menandatangani perintah eksekusi. Penolakan itu karena keyakinan agamanya.

Keempat orang yang digantung mati ini termasuk Masahito Sakamoto, pria berusia 42 tahun yang didakwa atas penculikan dan pembunuhan seorang gadis berusia 16 tahun pada 2002.

Dengan eksekusi keempat orang tersebut berarti tahun ini sudah 10 orang yang dihukum gantung atas perintah Hatoyama. Eksekusi gelombang pertama dilakukan dua bulan lalu. Ini merupakan interval yang sangat singkat di Jepang.

“Saya tidak menaruh perhatian ke intervalnya. Sebagai Menteri Kehakiman, saya cuma melaksanakan tuntutan hukum,” kata Hatoyama kepada wartawan di Tokyo seperti dilansir harian Straits Times, Kamis (10-4).

Selama 2007, Jepang menghukum mati 9 orang, angka tertinggi sejak 1976. Namun, angka tersebut masih jauh dibanding dengan Amerika Serikat yang menghukum mati 40 terpidana dalam periode yang sama. Hasil jajak pendapat menunjukkan sebagian besar warga Jepang mendukung hukuman mati. N-1

April 11, 2008 - Posted by | Hikmah

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: