Bismillahirohmanirrohim

Just another WordPress.com weblog

Tulisan dari Wahyu

From: Wahyu <wahyu_bh@.. .

Subject: Poligami vs Origami

Mumpung masih hangat, saya punya kisah nyata pribadi tentang
poligami. Siapapun yang beragama Islam pasti pernah mengkaji tentang
bab poligami. Suatu hal yang diceritakan dalam Al-Quran yang tidak
populer di masa kini.Pendukung dan penentang saling menggunakan ayat
dan hadis untuk membela pendapatnya.

Suatu hari istri saya bertanya tentang poligami, mengikuti naluri
laki-laki saya dengan semangat menjawab dengan cuek sok wise: ” Kan
dicontohkan Nabi, masak saya menentang sih”.

Istripun menjawab,”Kamu tau di Al-Quran diijinkan 2,3, atau 4 kalau
mampu berbuat adil, hari gini sapa yang mampu berbuat adil, itu ayat
buat Nabi, karena Nabi mampu berbuat adil.”

“Lho, ngga ada keterangan buat Nabi saja,”saya mendebat. “Nabikan
uswatun hasanah, suri teladan yang harus diikuti dari A sampai Z,
kalau semua orang bilang itukan buat Nabi, susah ngajak orang
berbuat kebenaran, ngelesnya, itukan buat Nabi, sholat malam buat
Nabi, puasa buat Nabi; kamu mau aku beralasan kaya gitu,”jawab saya
ketus.

Istripun terdiam sambil cemberut. Kalau debat ngarang saya jagonya.

“Jadi kamu suatu saat akan 2 in aku ya suatu saat nanti?”tanya istri
saya memelas.

Saya kaget juga. “Wah, aku ngga tahu apa yang terjadi di depan,”
kata saya sekenanya, dan membuat istri saya tambah sedih. “Ya udah
deh kalau kamu mau nikah lagi, aku ikhlas, tapi aku ngga rela
diduain, alias minta dikembalikan ke orang tua.”

Wuaaaaah…. kok jadi ribet urusannya, sedang diskusi agama kok
buntutnya jadi sedih. Sepingin-penginnya poligami, juga kalau
disodori pilihan kaya gitu jadi ngga tega.

“Kok, kesitu sih larinya, aku cuma bilang ngga bisa prediksi ke
depannya. Sahabat Nabi, tabi’in juga mayoritas berpoligami, apa aku
mau nglebihin mereka dengan ilmu agama yang cetek begini?! Ya sudah
intinya aku ngga menentang poligami karena ayatnya jelas, dan ngga
bisa poligami karena sudah pilih istri yang ngga mau dipoligamiin
(istilah mana nih)”.

“Sekarang yang adil begini saja, aku akan poligami kalau kamu yang
minta, dan kamu yang milihin orangnya, setuju.”

Dan istri sayapun menyatakan setuju.

Suatu hari istri saya tiba-tiba nyeletuk. “Bi, (istri saya panggil
saya abi, ayah dlm bahasa arab), aku mau nawarin kamu calon istri”.

Gubrakkkk!!! ! lagi santai-santai disamber geledek. Antara nafsu,
harapan, curiga, penasaran… “Hmmm…yang bener..”, dengan muka
yang ngga terlalu excited, sambil pura-pura baca buku.

“Iya bener,”kata istri saya.

“Kamu serius?” tanya saya lagi sambil meletakkan buku.
“Serius !”
“Kamu janji yah melakukannya karena Allah,”
“Ya jelas lah, masa karena yang lain”, (sambil sok bijaksana tapi
penasaran)
“Bukan karena nafsu?”tanyanya lagi.
“Ya jelass, yang milihin saja kamu, gimana mau nafsu?” jawab saya
sok ngga pake napsu.
“Memangnya siapa?’ tanya saya penasaran.
“Itu Mak Ijah (nama samaran),”kata istri saya kalem.
“@#$@!????!! sssjggggeerrrrrr !!!!!”, (Mak Ijah seorang nenek
berusia sekitar 70 tahun tetangga kampung yang sering berkunjung ke
rumah kami untuk menawarkan hasil kebun)

Saat itu juga nafsu saya terasa terlempar ke langit ke 7. Karena
Allah sih karena Allah … 70 tahun mau diapain…yang ada saya
terkena alzeimer, penuaan dini dan impotensi dini, dalam hati saya
menggerutu.

Saya terdiam cukup lama, dan istri saya tertawa terpingkal-pingkal
melihat ekspresi saya. Huaaaaaaaaaaa. …dikerjain, 70 tahun
terbayang Mak Ijah yang dekil dan bau khas wanita desa pekerja
keras, yang kadang-kadang terlihat belekan. Gembel, keimanan saya
tidak teruji, saya tidak sanggup menikahi seorang nenek usia 70
tahun dengan lillahita’ala.
Ternyata keinginan poligami saya ngga ikhlas, masih ada nafsu, ya
itu buktinya..disodori ce jadul 70 tahun segera hilang semangat
poligami.

Sambil terpaku..anak saya tiba-tiba mendekat, “Abi bikinin origami
lagi dong…….”
Yah ngga jadi poligami malah bikin origami.

(berdasarkan kisah pribadi)

May 7, 2007 - Posted by | Hikmah

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: